Sabtu, 06 Desember 2008

PRINSIP KERJA MESIN WANKEL

Mesin Wankel

Mesin rotary yang dipakai pada mesin-mesin mobil pada saat sekarang ini (Mazda) banyak memakai tipe mesin rotary Wankel. mesin ini diciptakan oleh Dr. Felix Wankel (bangsa Jerman) tahun 1964, yang menjadi tantangan dari mesin-mesin yang mempergunakan piston konvensional.

Kelebihan dari mesin Wankel ini adalah tidak ada gerak turun naik dan dan mempunyai pergerakkan lebih ringkas dari pergerakan mesin piston.


Gasführung im Wankelmotor

The Engine Animation



Gambar : Mesin Wankel 2 Langkah/Tak

( 2 stroke)

Gambar : Mesin Wankel 4 Langkah/Tak

( 4 stroke)


Prinsip Kerja Mesin Wankel :

Prinsip kerja mesin Wankel sama dengan mesin 4 langkah ( four stroke engine). Campuran bahan bakar dan udara (gas) masuk dan dimampatkan.

Pada saat kompressi terjadi, busi mencetuskan api dan membakar bahan bakar (gas) sehingga terjadi tekanan gas sehingga menekan sisi dan memutar triangular rotor (sejenis roda terbang/fly wheel pada mesin piston) selanjutnya memutar roda gigi pusat atau roda sumbu.

Putaran rotor (triangular rotor) meneruskan kepada gigi-gigi perseneling dan akhirnya memutar roda-roda lainnya. Semuanya ini adalah kombinasi tiga langkah tenaga (power stroke) mendorong secara serempak tiga sisi/kamar sehingga menjadikan mesin Wankel ini lebih kuat dibandingkan dengan jenis mesin rotary lainnya. Untuk lebih jelasnya perinsip kerja mesin Wankel perhatikan uraian dan gambar berikut ini :


Langkah Induksi :

Sewaktu ujung rotor (triangular rotor) melewati pintu masuk, campuran bahan bakar dengan udara (gas) (berwarna hijau pada gambar) masuk ke kamar akibat hisapan/tekanan tinggi dari gaya/orbit eksentrik perputaran rotor mengelilingi gigi sumbu (central gear).

Induction



Langkah Tekanan :

Seketika rotor melanjutkan putaran, campuran bahan bakar (gas) dibawa ke kamar/sisi yang berikutnya (berwarna biru pd. gambar), campuran bahan bakar dan udara (gas) pada kamar/sisi ini termampatkan oleh kekuatan/gaya/orbit perputaran rotor.

Compression



Langkah Tenaga :

Pada saat campuran bahan bakar (gas) dalam keadaan mampat/terkompressi busi mencetuskan api dan membakar bahan bakar (gas), sehingga terjadi peningkatan tekanan udara dan menekan sisi rotor sehingga berputar kedepan dan juga rotor memutar roda gigi sumbu (central gear) kedepan.

Power



Langkah Buang (exhaust) :

Sewaktu rotor berputar kearah atau kekamar/sisi berikut, lobang atau pintu gas buang terbuka sehingga sisa pembakaran keluar.

Exhaust



Tipe mesin kembar Wankel :


Tipe mesin kembar Wankel terdiri dari dua buah rotor atau baling-baling dikombinasikan di (dalam) suatu mesin/motor untuk meningkatkan tenaga yang lebih besar dan mendapatkan perputaran mesin yang halus. Rotor atau baling-baling ditempatkan berlawanan sebesar 180 o


Mazda telah memproduksi dan mempertunjukkan mobil sport dengan mesin Wankel di Tokyo (1999), yang mempunyai empat tempat duduk. Mobil disebut RX-Evolv.

Tidak ada komentar: