Rabu, 07 Oktober 2009

PROPELLER SHAFT

SUSUNAN KOMPONEN POROS PROPELER

Susunan komponen poros propeler Toyota Kyang

B. MENCARI GANGGUAN PADA POROS PROPELER
Perhatian:
Harap berhati-hati, agar tidak menjepit pipa poros propeler terlampau kencang pada ragum (vice) karena dapat menyebabkan perubahan bentuk.

C. MELEPAS POROS PROPELER

1. Lepas poros propeler dari diferensial

a) Buatlah tanda pada kedua flens.
b) Lepas empat baut dan mur.

2. Lepas poros propeler
a) Tarik coke dari transmisi
b) Pasang SST pada transmisi untuk mencegah penetasan oli


D. PEMERIKSAAN POROS PROPELER

1. Periksa poros propeler dan kerusakan atau kebengkokan. Kebengkokan maksimum 0,8 mm (0,031 in). Bila kebengkokan poros Iebih besar dari nilai maksimum, gantilah poros.


Periksa bantalan spider
a) Periksa bantalan spider dari keauasan atau kerusakan.
b) Periksa gerak bebas aksial bantalan spider dengan memutar yoke sambil menahan kuat poros propeler. Gerak bebas 4 aksial bantalan kurang 0,05 mm (0,0020 in). Biia gerak
bebas aksial bantalan lebih besar dari nilai maksimum, gantilah bantalam spider.

PENGGANTIAN BANTALAN SPIDER

Buatlah tanda pada poros dau flens atau yoke.

2. Lepas snap ring.
a) Pukul sedilkit kelluncuran luar bantalan masuk.
b) Menggunakan dua obeng, lepas empat snap ring dari alurnya

3. Lepas bantalan spider
a) Menggunakan SST, tekan bantalan keluar dari poros poros, propeler. SST 09332 - 25010.
Catatan: Naikkan bagian yang bertanda A secukupnya sehingga tidak menyentuh bantalan.


b) Jepit luncuran luar bantalan pada ragum dan pukul propeler)
dengan palu.
Catatan: Lepas bantalan pada sisi yang berlawanan dengan prosedur yang sama.


c) Pasang dua luncuran luar bantalan pada spider.

d) Menggunakan SST, tekan bantalan keluar dari yoke. SST 09332-25010.

e) Jepitlah luncuran luar bantalan pada ragum dan pukullah yoke dengan palu.
Catatan: Lepas bantalan pada sisi yang berlawanan dengan prosedur yang sama.

Tidak ada komentar: